Tingkatkan SDM Dosen STAINI Mengikuti Pelatihan AI

WhatsApp Image 2024-03-20 at 09.27.31 (1)

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sedang jadi trend di Indonesia dan bahkan di seluruh dunia. Tak terkecuali di dunia pendidikan. Termasuk juga di pendidikan tinggi. Menyikapi kondisi tersebut,

MUI Pusat melaksanakan BIMTEK Inovatif “Membangun Kader Ulama Menguasai Teknologi Digital!” di Jakarta pada 10 – 11 Februari 2024

Diikuti para dosen STAINI, BIMTEK ini menghadirkan KH. Dr. Marsudi Suhud (Wakil Ketua Umum MUI) Prof. Dr. Fadhilah Suralaga, M.Psi. Dr. Marjuki, MA, M.Pd

Dr. Amirsyah Tambunan, MA. (Sekjen MUI) mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan aplikasi AI atau kecerdasan buatan dalam penelitian kepada para dosen. “Jadi acara ini bertujuan supaya penelitian para dosen menjadi kian berkembang serta lebih berkualitas dan memudahkan juga peneliti untuk mengerjakan penelitiannya,”

Diungkapkannya, pelaksanaan workshop ini masih merupakan tahap awal pembekalan workshop penerapan AI dalam bidang penelitian.

Selama pelatihan, para dosen STAINI diperkenalkan cara kerja AI dalam mendukung analisis data dan menghasilkan hasil yang lebih akurat, menghemat waktu dan usaha dalam proses penelitian. Pemanfaatan Media Sosial, Pemanfaatan Generative AI, Pemanfaatan Capcut Dll

Pelatihan ini juga bertujuan melakukan pengembangan kerangka berpikir yang kuat dan membantu peserta membangun kerangka berpikir yang sistematis dan efektif serta memandu mereka dalam merancang metodologi penelitian yang kokoh.

WhatsApp Image 2024-03-20 at 09.27.31Di samping itu juga, melalui pelatihan ini, dosen peserta akan belajar bagaimana mengaplikasikan alat-alat (tools) kecerdasan buatan untuk mengolah data dan menghasilkan wawasan baru, membuka peluang baru dalam penelitian.

Dalam pelatihan tersebut, narasumber utama Drs. Sutrisno Singotirto, M.Si  memperkenalkan salah satu tool atau aplikasi yang populer dalam AI, yaitu Chat Generative Pre-Trained Transformer atau ChatGPT. Sekadar diketahui, ChatGPT adalah artificial intelligence berbasis teks yang dirilis oleh OpenAI pada November 2022.

Kemunculan AI dengan berbagai macam aplikasinya mengalami perkembangan yang masif.Kehadirannya makin berdampak pada banyak aspek kehidupan manusia tidak terkecuali dalam pendidikan. Kecerdasan buatan bahkan mulai mengambil peran dalam kegiatan pembelajaran di sekolah maupun perguruan tinggi.